: Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V SD IT An-Nahl Percikan Iman Jambi

Rismaya, Rismaya (2023) : Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V SD IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of RISMAYA 204190002  - Rismaya Amri.pdf] Text
RISMAYA 204190002 - Rismaya Amri.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di Sekolah Dasar
Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Jambi. Selama ini aktivitas pembelajaran
siswa kelas IV kurang, khususnya dalam kemampuan penalaran matematis.
Pembelajaran yang didominasi oleh guru belum memberikan kesempatan kepada
siswa untuk mengungkapkan gagasannya sehinga siswa cenderung pasif. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas
IV Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Jambi, yang berjumlah
19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi,
tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan
pembelajaran dengan penerapan model Predict-Observe-Explain (POE) dapat
Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa kelas IV Sekolah Dasar
Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Jambi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya
peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Maka dapat disimpulkan Penerapan
Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dapat Meningkatkan
Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu
An-Nahl Percikan Iman Jambi.

Kata kunci : Predict-Observe-Explain (POE), Penalaran matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 31 May 2024 01:40
Last Modified: 31 May 2024 01:40
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item
View Item