Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science Technology Engineering and Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Madrasah Tsanawiyah Jauharul Islam

Fitriani, Rani (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science Technology Engineering and Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Madrasah Tsanawiyah Jauharul Islam. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja
Peserta Didik Berbasis Science Technology Engineering and Mathematics untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk menilai kelayakan, keefektifan dan kepraktisan LKPD tersebut. Model
pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Borg and
Gall dengan tujuh tahapan, yaitu: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi,
desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, dan produk.
Hasil analisis validasi dari ahli diperoleh penilaian hasil validasi materi dengan
rata-rata 4,14 (Valid), hasil validasi media dengan rata-rata 4,5 (Valid), dan hasil
validasi Bahasa dengan rata-rata 4,4 (Valid). Berdasarkan respon guru diperoleh
hasil penilaian dengan rata-rata 4,4 (Praktis) dan respon siswa diperoleh hasil
penilaian dengan rat-rata 4,28 (Praktis). Dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif
siswa tampak bahwa peserta didik yang tuntas dengan KKM 70 adalah 85%
mencapai syarat ketuntasan KKM. Berdasarkan proses pengembangan secara
keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKPD dapat memfasilitasi proses
pembelajaran secara mandiri dan kelompok.

Kata Kunci : Berpikir Kreatif, LKPD, Segiempat dan Segitiga, STEM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 31 May 2024 01:32
Last Modified: 16 Oct 2024 06:58
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item
View Item