Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi

Anggraini, Lusia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI LUSIA ANGGRAINI - Lusia Anggraini.pdf] Text
SKRIPSI LUSIA ANGGRAINI - Lusia Anggraini.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilaksanakan di MIS Nururrodhiyah
Kota Jambi diketahui bahwa kegiatan pembelajaran matematika belum aktif
sehingga kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong rendah.
Salah satu model pembelajaran yang cukup bervariasi dan tentunya dapat
melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah model
pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Nururrodhiyah Kota Jambi. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Design dengan
pengumpulan data menggunakan teknik tes awal (pretest), tes akhir (Posttest) dan
observasi. Analisis data dengan ttes. Teknik pengambilan sampel mengunakan
Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 24 siswa dikelas eksperimen
dan 24 dikelas kontrol. Data dianalisis menggunakan SPSS Versi 21. Data hasil
penelitian rata-rata perolehan nilai kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen, nilai rata-rata kemampuan pemecahan
masalah matematika yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning
lebih tinggi, yaitu sebesar 86,66 sedangkan kelas kontrol 79,58. Dari uji ttes pada
taraf signifikan 5% = 2,074 dan 1% = 2,819 diperoleh 2,074 < 2,177 > 2,819 jadi
thitung ttabel atau Ho ditolak dan Ha diterima dengan hasil sig (2-tailed) adalah 0,034
< 5% yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara
kemampuanpemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning dengan yang tidak menggunakan model
pembelajaran Discovery learning di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nururrodhiyah
Kota Jambi .
Kata Kunci :Discvery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 31 May 2024 01:20
Last Modified: 31 May 2024 01:20
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item
View Item