Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada konteks Masjid Agung Tebo

Suhartati, Suhartati (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada konteks Masjid Agung Tebo. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan ini membahas tentang pengembangan LKPD berbasis
pendidikan matematika realistik pada konteks masjid agung Tebo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifitas produk LKPD
berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada konteks Masjid Agung
Tebo pada materi Teorema Pyhtagoras. Dalam penelitian ini menggunakan jenis
penelitian Research & Development (pengembangan) dengan menggunakan model
pengembangan ADDIE meliputi tahapan Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket. Hasil validasi oleh validator diperoleh persentase ahli materi
63,07% dengan kategori “Baik”, ahli media 74% dengan kategori “Baik” dan ahli
bahasa 64% dengan kategori “Baik”. Hasil penelitian respon guru diperoleh 100%
ketegori “ Sangat Baik” dan respon peserta didik diperoleh 83,21% kategori
“Sangat Baik”. Dari hasil tes peserta didik didapatkan peserta didik yang tuntas
dengan nilai di atas KKM 75 adalah 86,2%. Berdasarkan proses pengembangan
yang dilalui oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendidikan
matematika realistik tersebut valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam
proses pembelajaran matematika.

Kata Kunci : ADDIE, LKPD, PMRI, Teorema Pythagoras

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 31 May 2024 01:16
Last Modified: 16 Oct 2024 07:03
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item
View Item