Penerapan Metode Role Playing Dalam Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN 3 Talang Bakung Kota Jambi

Marwiyanti, Rosi Dwi (2023) Penerapan Metode Role Playing Dalam Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN 3 Talang Bakung Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI_ROSI DWI MARWIYANTI-2 - Rosi dwi Marwiyanti.pdf] Text
SKRIPSI_ROSI DWI MARWIYANTI-2 - Rosi dwi Marwiyanti.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Role Playing Dalam Keaktifan
Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN 3 Talang Bakung Kota
Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, artinya yaitu
penulis akan mendeskripsikan metode pengumpulan data berasal dari observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini langsung
dari sumber datanya yaitu guru dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder
dalam penelitian ini yaitu dokumen dan arsip MTsN 3 Talang Bakung Kota Jambi.
Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
metode Role Playing pada mata pelajaran Fikih di MTsN 3 Talang Bakung Kota
Jambi terdapat 7 tahapan yang dilakukan, yaitu antara lain: 1) pembukaan, 2)
apersepsi, 3) pemahaman konsep, 4) pengembangan konsep, 5) Latihan dan
keterampilan, 6) refleksi, dan 7) penutup. Problematika yang terjadi pada penerapan
metode Role Playing dalam pembelajaran Fikih yakni waktu pembelajaran yang
terbatas, ada pada diri peserta didik itu sendiri, kemampuan peserta didik yang
berbeda, terbatasnya materi serta alat peraga yang digunakan. Untuk mengatasi
problematika tersebut, guru harus menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya agar
pelaksanaan pembelajaran bisa berjalan dengan baik, selalu memberikan motivasi
kepada peserta didik untuk lebih giat dan semangat dalam belajar, sabar dalam
mengajar dan membimbing peserta didik yang belum paham, memberikan
dukungan, serta bekerja sama untuk melengkapi media/alat yang akan digunakan.
Hasil penerapan metode Role Playing pada mata pelajaran Fikih yaitu pembelajaran
cenderung lebih aktif dari biasanya, serta siswa lebih antusias dalam mengikuti
pembelajaran yang terlihat dari saat mereka melakukan tanya jawab dan
mengomentari penampilan peran dari kelompok lain.

Kata Kunci: Metode Role Playing, Keaktifan belajar, Fikih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 31 May 2024 01:08
Last Modified: 31 May 2024 01:08
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item