Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Teaching Terhadap Penguasaan Kosakata Arab Siswa di SMP Islam Al Falah Kota Jambi

Marisa, Dzulmi (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Teaching Terhadap Penguasaan Kosakata Arab Siswa di SMP Islam Al Falah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Dzulmi Marisa NIM202180076 - Dzulmi Marisa.pdf] Text
Dzulmi Marisa NIM202180076 - Dzulmi Marisa.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Dzulmi Marisa 2022, Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Teaching Terhadap Penguasaan Kosakata Arab Siswa di SMP Islam Al Falah Kota Jambi

Pembimbing:

1) Dr. Muhammad Qodri, M.Pd.I 2) Dr. M. Kumaini Umasugi, M.Pd.I
Kata Kunci: Metode, Quantum Teaching, Kosakata
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode quantum teaching terhadap penguasaan kosakata Arab siswa di SMP Islam Al Falah Kota Jambi. Permasalahan utama dalam penelitian ini ialah, siswa kesulitan memahami setiap kata yang berbahasa Arab karena minimnya kosakata bahasa Arab yang mereka miliki, penggunaan metode yang kurang tepat sehingga tidak menarik minat serta motivasi siswa untuk memperhatikan dan mempelajari materi, dan berdampak pada keterampilan bahasa Arab siswa, salah satunya ialah penguasaan kosakata Arab siswa. Adapun tujuannya adalah: a). Untuk mengetahui skor penguasaan kosakata Arab siswa yang menggunakan metode quantum teaching b). Untuk mengetahui skor penguasaan kosakata Arab siswa yang tidak menggunakan metode quantum teaching c) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode quantum teaching terhadap penguasaan kosakata Arab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Kalibrasi instrumen yang digunakan yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Taraf Kesukaran dan Daya Beda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Tes (Soal) dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis (Uji-t/Independent Sample t-test) dan Effect Size. Adapun subjeknya adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 orang siswa dan siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 orang siswa di SMP Islam Al Falah Kota Jambi, demikian seluruhnya berjumlah 58 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui hasil penguasaan kosakata Arab siswa dengan menggunakan metode quantum teaching (kelas eksperimen) dengan nilai tertinggi yaitu 100, nilai terendah yaitu 55 dan nilai rata-rata yaitu 83,45. Dan hasil penguasaan kosakata Arab siswa yang tidak menggunakan metode quantum teaching (kelas kontrol) dengan nilai tertinggi yaitu 100, nilai terendah yaitu 20 dan nilai rata-rata yaitu 67,93. Sehingga terbukti hasil penguasaan kosakata Arab siswa dengan menggunakan metode quantum teaching lebih tinggi dibanding hasil penguasaan kosakata Arab siswa yang tidak menggunakan metode quantum teaching. Berdasarkan perhitungan Uji-t menggunakan SPSS 25 for Windows diperoleh nilai 2-tailed < 0,05 yaitu 0,01 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan kosakata Arab siswa dengan menggunakan metode quantum teaching dan yang tidak menggunakan metode quantum teaching. Adapun berdasarkan Uji Effect Size, diperoleh nilai 0,915 dengan presentase efek 82% yang berarti penggunaan metode quantum teaching memberikan pengaruh yang tinggi terhadap penguasaan kosakata Arab siswa di SMP Islam Al Falah Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 22 May 2024 03:02
Last Modified: 22 May 2024 03:02
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item
View Item