Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung Kota Jambi.

Lubis, Rosida (2023) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI ROSIDA LUBIS (204190099) UIN STS Jambi - rosida lubis.pdf] Text
SKRIPSI ROSIDA LUBIS (204190099) UIN STS Jambi - rosida lubis.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata
pembelajaran matematika, hal ini ditunjukkan masih banyaknya siswa yang
memperoleh nilai tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian
ini difokuskan pada meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model
pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada materi volume bangun ruang dan
bagaimana hasil belajar siswa setelah mengunakan model pembelajaran Course
Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan
model pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk pembelajaran matematika
dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan
penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada materi volume
bangun ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK), dengan mengunakan model Kemmis & Mc.Taggart.
penelitian ini dilakukan sebanyak dua sikus. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung Kota Jambi yang berjumlah 24
siswa. Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Berdasarkan hasil disetiap akhir siklus, hasil belajar siswa meningkat disetiap
siklusnya. Nilai rata-rata pra siklus adalah 62, siklus I yaitu 75,2 sedangkan nilai
rata-rata siklus II yaitu 86,2. Sedangkan ketuntasan belajar siswa kelas untuk pra
siklus adalah 42%, siklus I yaitu 75% dan meningkat pada siklus II yaitu 91,6%.
Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model pembelajaran Course Review Horay
(CRH) pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa,
maka dari itu, diharapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat
diterapkan dalam pembelajaran matematika maupun mata pelajaran lainya.

Kata kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar

Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 08:36
Last Modified: 30 May 2024 08:36
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item
View Item