Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Peran dengan Media Flashcard Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMA Negeri 15 Merangin

Pebriyanti, Pepi (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Peran dengan Media Flashcard Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMA Negeri 15 Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of pepi pebriyanti (207190016) - Pepi pebriyanti.pdf] Text
pepi pebriyanti (207190016) - Pepi pebriyanti.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan aspek yang berakinan atau kemampuan diri
seseorang yang tidak terpengaruh oleh orang lain. Tujuan penelitian adalah
membuktikan ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode bermain peran
dengan media flashcard terhadap kepercayaan diri siswa di Sekolah Menengah
Atas Negeri 15 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis
True Experimental Design, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control
Group. Populasi penelitian adalah kelas X, dan teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah Cluster Random Sampling. dari pengumpulan data melalui
angket. Hasil uji validitas instrumen angket siswa divalidasi oleh seorang ahli.
Hasil uji dilakukan menggunakan program SPSS untuk Windows versi 25. Hasil
uji hipotesis menunjukkan bahwa sig. 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa

penelitian dapat diterima. Jadi, skor pre-test rata-rata 56,00 dan skor post-test rata-
rata 70,40. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dengan

media flashcard berpengaruh pada kepercayaan diri siswa di kelas X SMA Negeri
15 Merangin, dengan besarnya pengaruh efek perlakuan 1,24 dan persentase 88%.
Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Kepercayaan diri siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 08:31
Last Modified: 30 May 2024 08:31
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item
View Item