Efektifitas Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi (Studi kasus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi)

Ullah, La (2023) Efektifitas Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi (Studi kasus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 105180135 EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (STUDI KASUS DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI) - akmal saputra.pdf] Text
105180135 EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (STUDI KASUS DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI) - akmal saputra.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana efektivitas pelayanan publik berbasis teknologi informasi di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Dilatar belakangi oleh sebuah
permasalahan efektivitas pelayanan berbasis teknologi informasi (online) di
Disdukcapil Kota Jambi, karena terdapat beberapa permasalahan yakni,
kurangnya sosialisasi dari pihak pemerintah kepada masyarakat sehingga banyak
masyarakat yang tidak mengetahui tentang adanya program inovasi pelayanan
online di Disdukcapil Kota Jambi. Hal ini ditandai oleh masih banyak nya
masyarakat yang mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota
Jambi. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana efektivitas pelayanan berbasis
teknologi informasi online di Disdukcapil Kota Jambi, Faktor-Faktor kendala
yang Mempengaruhi Kualitas Kinerja Pelayanan Publik di Dinas kependudukan
dan Catatan Sipil Kota Jambi dan Upaya mengatasi kendala dalam pelayanan
publik berbasis teknologi informasi (Online) di Disdukcapil Kota Jambi.
Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pelayanan berbasis online di
Disdukcapil Kota Jambi, faktor yang mempengaruhi kualitas kinerja playanan
publik di dinas kependudukan dan pencatatn dan upaya mengatasi kendala
dalam pelayanan online di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota jambi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, studi lapangan
(observasi, wawancara dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukan sumber
daya manusia yang ada Disdukcapil Kota Jambi sudah kompeten dalam
bidangnya masing-masing dan berupaya memberikan pelayanan yang cepat
tanggap kepada masyarakat ,namun ada beberapa pegawai yang belum
menguasai atau mengerti tentang pelayanan berbasis online di Disdukcapil Kota
Jambi, unsur sumber daya non manusia atau sarana prasarana yang ada di
Disdukcapil Kota Jambi sudah memadai dan seluruh peralatan dapat beroperasi
dengan baik dan untuk hasil yang dicapai dalam pelayanan online tidak dapat
ditentukan batasan waktunya, karena dalam pelayanan online Disdukcapil
Kota Jambi tetap memprioritaskan urutan dokumen sesuai waktu masuknya
dokumen untuk diproses oleh Disdukcapil Kota Jambi. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa masih belum efektivnya pelayanan
berbasis teknologi nformasi ( online) di Disdukcapil Kota Jambi karena masih
adanya masyarakat yang tidak memanfaatkan pelayanan tersebut dan masih
banyak masyarakat yang mendatangi langsung kantor Disdukcapil Kota Jambi.
Kata Kunci : Efektivitas Pelayanan, Pelayanan Publik berbasis teknologi
informasi (Online), Dinas Kependudukandan Pencatatan Sipil Kota Jambi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 31 May 2024 02:17
Last Modified: 31 May 2024 02:17
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item
View Item