Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Hubungan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Jambi

Fajriyati, Nurmi (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Hubungan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Nurmi Fajriyati 201190027 Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Hubungan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Jambi - Nurmi Fajriyati.pdf] Text
Nurmi Fajriyati 201190027 Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Hubungan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Jambi - Nurmi Fajriyati.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya hubungan sosial yang baik antar siswa
karena akan berpengaruh pada proses kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu
diperlukan upaya dari guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam dalam
membentuk hubungan sosial siswa karena merupakan salah satu ajaran agama
Islam yaitu hablum minannas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk hubungan
sosial siswa, kemudian melihat kondisi hubungan sosial siswa, kendala apa saja
yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk hubungan
sosial siswa serta solusi yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data
primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukan kondisi hubungan sosial siswa sudah baik namun masih terdapat
beberapa siswa yang menjalin hubungan sosial yang kurang baik dengan teman.
Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam adalah menggunakan
pendekatan student centre dalam membentuk hubungan sosial siswa, melakukan
pembinaan berupa nasehat dan motivasi kepada siswa, menerapkan aturan
pembelajaran sebagai batasan dalam perilaku siswa serta memberikan keteladanan
kepada siswa. Adapun kendala yang dialami guru Pendidikan Agama Islam adalah
sifat dasar siswa yang cenderung susah bersosialisasi, keadaan siswa yang berteman
dengan membentuk kelompok (circle), pengaruh lingkungan dan teman diluar
sekolah serta pengaruh teknologi.

Kata kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Hubungan Sosial, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 08:27
Last Modified: 30 May 2024 08:27
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item
View Item