Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi

Ayu Anggraini, Putri (2023) Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Niteni, Nirokke, Nambahi atau biasa disingkat Tri-N merupakan pengintegrasian
pendidikan karakter berdasarkan ajaran Ki Hajar Dewantara yang dapat
diaplikasikan dalam media pembelajaran berupa Lembar Kerja. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan Lembar Kerja Siswa
berbasis Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) terhadap hasil belajar matematika siswa
di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi pada pokok bahasan Matriks.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain True
Experimental Designs (Pretest–Posttest Control Group Design). Populasi dalam
penelitian ini adalah 5 kelas XI MIPA yang ada di SMA Negeri 1 Muaro Jambi.
Sampel penelitian dipilih menggunakan metode Cluster Random Sampling dimana
kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas
kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan
selanjutnya dianalisis dengan uji t-tes. Hasil analisis menyimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan dari penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis Tri-N
(Niteni, Nirokke, Nambahi) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok
bahasan Matriks.
Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi), Hasil

Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 08:22
Last Modified: 16 Oct 2024 06:57
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item
View Item