Pengaruh Penggunaan Metode Drill(latihan) terhadap keterampilan menulis siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi.

Hatijah, Siti (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Drill(latihan) terhadap keterampilan menulis siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Siti Hatijah 202180015 تأثير استخدام طريقة التدريب drill لمهارة الكتابة لدى التلاميذ في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الفلاح.pdf] Text
Siti Hatijah 202180015 تأثير استخدام طريقة التدريب drill لمهارة الكتابة لدى التلاميذ في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الفلاح.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Siti Hatijah 2022, Pengaruh Penggunaan Metode Drill(latihan) terhadap keterampilan menulis siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi.
Dosen Pembimbing (1): Drs.Mursyid,M.Pd, (2) : Dr. Muhammad Qodri, M.Pd.I
Kata Kunci : metode drill(latihan),keterampilan menulis
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Metode Drill(latihan) terhadap keterampilan menulis siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. adapun tujuannya adalah: a).Untuk mengetahui Berapa skor kemampuan menulis siswa yang menggunakan metode Drill. b). Untuk mengetahui Berapa skor kemampuan menulis siswa yang tidak menggunakan metode Drill. c).Untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh metode drill terhadap untuk keterampilan menulis siswa pada pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Al-Falah jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Posttest-only Control Design. Kalibrasi instrumen yang digunakan yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu : observasi, tes (soal) dan Dokumentasi. Metode Analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis (Uji t/t test/ Independent T test) dan Effect Size. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas VII.B sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII.D sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 28 orang siswa.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui skor kemampuan menulis siswa yang tidak menggunakan Metode Drill (kelas Kontrol) dengan nilai Tertinggi yaitu 86, nilai Terendah yaitu 26, dan nilai rata-rata yaitu 51,14. Hasil skor kemampuan Menulis Siswa yang menggunakan Metode Drill (kelas Eksperimen) dengan Nilai tertinggi yaitu 98, nilai terendah yaitu 36, dan nilai rata-rata yaitu 73,46. Sehingga terbukti bahwa nilai Keterampilan Menulis Siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab yang menggunakan Metode Drill(latihan) lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan Metode Drill(latihan). Berdasarkan perhitungan Uji t menggunakan SPSS 25 for Windows diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independent Sample T test dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara Keterampilan Menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Metode Drill(latihan) dan tanpa menggunakan metode Drill(latihan). berdasarkan Perhitungan Uji Effect Size diperoleh nilai 1,30 dengan persentase 90% yang berarti penggunaan Metode Drill(latihan) memberikan pengaruh yang tinggi terhadap Keterampilan Menulis Siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 22 May 2024 02:55
Last Modified: 22 May 2024 02:55
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item
View Item