judul „Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas Minoritas Muslim di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu Provinsi Jambi‟‟

Safira, Sonia Bintang (2023) judul „Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas Minoritas Muslim di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu Provinsi Jambi‟‟. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI SONIA REVISI 2 new - Sonia Bintang Safira.pdf] Text
SKRIPSI SONIA REVISI 2 new - Sonia Bintang Safira.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat
Belajar Siswa pada Kelas Minoritas Muslim di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 5 Tungkal Ulu Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu. Dan Bagaimana strategi guru
dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Kelas Minoritas Muslim di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu Provinsi Jambi. Jenis
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer melalui wawancara kepada informan
yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu Provinsi Jambi. Instrumen penelitian
yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pedoman wawancara,
observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni, reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hsil penelitian ini adalah :
1) Minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah
Menengah Pertama N 5 Tungkal Ulu tergolong baik, hal ini disebabkan oleh guru
Pendidikan Agama Islam yang profesional dalam menjalankan tugasnya yaitu
dengan kedisiplinan guru dalam mengajar. 2) Strategi guru untuk meningkatkan
minat belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu melalui
strategi pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan dengan membangkitkan dan
mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Selain itu guru Pendidikan Agama
Islam juga menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu metode ceramah,
tanya jawab, diskusi dan demonstrasi. 3) Kendala yang dihadapi oleh guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 5 Tungkal Ulu yaitu kurangnya gairah siswa dalam
mengikuti pembelajaran, Masalah ini dipengaruhi oleh faktor internal dan juga
oleh faktor eksternal.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Guru dan Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 08:06
Last Modified: 30 May 2024 08:06
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item
View Item