Strategi Guru Dalam Pengembangan Bakat Kaligrafi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Di Pondok Pesantren Zulhijjah Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi

Aulia Af, Nurul (2023) Strategi Guru Dalam Pengembangan Bakat Kaligrafi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Di Pondok Pesantren Zulhijjah Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI NURUL AULIA AF 201190285 Pendidikan Agama Islam - Nurul Aulia Af.pdf] Text
SKRIPSI NURUL AULIA AF 201190285 Pendidikan Agama Islam - Nurul Aulia Af.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan mencontoh tulisan yang
diajarkan oleh guru, maka skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Dalam
Pengembangan Bakat Kaligrafi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Di
Pondok Pesantren Zulhijjah. Tujuan dari peneitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana strategi guru dalam pengembangan bakat kaligrafi siswa melalui
kegiatan ekstrakulikuler di pondok pesantren zulhijjah. Jenis penelitian yang
digunakan peneliti merupakan jenis penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data
dilakukan dengan tiga cara, yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kemampuan awal santri putri
sebelum mengikuti kegiatan ekstrakulikuler kaligrafi mengalami masalah dalam
mencontoh tulisan huruf-huruf hijaiyah atau ayat Al-Qur’an. Hal tersebut bisa
diketahui melalui empat kategori, yaitu: Bagus sekali, Bagus, Kurang, dan Tidak
bagus dalam menulis kaligrafi. Penentuan kategori tersebut berdasarkan observasi
peneliti pada saat pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler kaligrafi dilaksanakan.
kedua, Kendala dan solusi guru dalam mengembangkan bakat kaligrafi siswa
melalui kegiatan ekstrakulikuler ialah Kendala yang dihadapi berupa kurangnya
minat belajar siswa, Tangan siswa yang sangat kaku, kurangnya peralatan
menulis, kurangnya waktu pembelajaran. Solusi dari hal teresebut yakni
memberikan motivasi kepada siswa, keinginan yang kuat, sarana dan prasarana,
dan pembagian waktu tambahan. ketiga, Strategi guru dalam pengembangan bakat
kaligrafi melalui kegiatan ekstrakulikuler ini ialah Menarik perhatian siswa
dengan bermain game untuk membuang rasa jenuh, Menjelaskan dengan praktis,
Memberikan stimulus berupa pemberian hadiah, Memberikan penilaian Serta
mengajarkan teknik dalam menulis kaligrafi dengan cara menjiplak,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 08:06
Last Modified: 30 May 2024 08:06
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item
View Item