Strategi Pemasaran Bank Syariah Mandiri

Annisa, Nurul (2022) Strategi Pemasaran Bank Syariah Mandiri. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of NURUL ANNISA 502180097 STRATEGI PEMASARAN BANK SYARIAH MANDIRI - Nurul Annisa.pdf] Text
NURUL ANNISA 502180097 STRATEGI PEMASARAN BANK SYARIAH MANDIRI - Nurul Annisa.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Strategi Pemasaran Bank Syariah Mandiri KCP Kuala Tungkal serta kendalanya, permasalahan pada penelitian ini adalah kenapa jumlah nasabah tabungan dan pembiayaan pada Bank Syariah Mandiri KCP Kuala Tungkal tidak konsisten mengalami kenaikan dan mengalami penurunan? Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Kuala Tungkal? Dan apa saja kendala yang dihadapi oleh Bank Mandiri Syariah KCP Kuala Tungkal pada saat melalukan kegiatan pemasarannya?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder, data primer didapatkan melalui wawancara dengan Brunch Manager BSM KCP Kuala Tungkal, karyawan dan nasabah BSM serta Kabag Kesra, sedangkan data sekundernya didapatkan melalui studi pustaka, dan media internet. Tekhnik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian berada di Kuala Tungkal, Kecamatan Tungkal Ilir. Tekhnik analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keterpercayaan hasil penelitian ini melalui pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BSM KCP Kuala Tungkal ialah melalui kegiatan Marketing Mix secara umum dan syariah. yaitu bersosialisasi dengan masyarakat, dan melakukan kegiatan GESER BRO. Pemasarannya juga dilakukan melalui media sosial, dan melalui layanan QRIS berupa aplikasi dan media cetak yang ditempel di toko nasabah dan masji, dan bekerjasama dengan Bapedda Tanjabbarat melalui kegiatan CSR pada tahun 2016 dan 2018. Kendala yang dihadapi oleh Bank Mandiri Syariah KCP Kuala Tungkal pada saat melalukan kegiatan pemasarannya ialah karna kurangnya layanan mesin ATM yang disediakan oleh BSM yang ditempatkan di berbagai tempat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, kurangnya pemahaman masyarakat juga menjadi kendala karna hal ini menjadi penyebab turun nya pamor perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 22 May 2024 02:44
Last Modified: 22 May 2024 02:44
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item
View Item