Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Bullying di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kota Jambi.

Heryanto, Pherdi (2023) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Bullying di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Skripsi Pherdi heryanto nim 201190336-1 - Pherdiii.pdf] Text
Skripsi Pherdi heryanto nim 201190336-1 - Pherdiii.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran Guru Akidah
Akhlak dalam mencegah perilaku bullying khususnya yang dilakukan oleh siswa di
MadrasahTsanawiyah Negeri 6 Kota Jambi. Adapun yang menjadi tujuan penelitian
ini adalah pertama untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk perilaku bullying yang
dilakukan oleh siswa, kedua untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Akidah
Akhlak dalam mencegah perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa di sekolah,
ketiga untuk mengetahui apa kendala Guru Akidah Akhlak dalam mencegah
perilaku bullying Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 kota Jambi. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif, subyek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIIIA, teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara,
Dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan metode Deskriptif Kualitatif,
Hasil penelitian menunjukan Bentuk-bentuk perilaku bullying yang dialami siswa
diantaranya ialah bullying secara verbal yang sering dilakukan oleh siswa yaitu
memanggil nama dengan gelar baru yang bersifat mecemooh kepada temannya
bahkan memanggil dengan nama orang tua, bullying secara Fisik berupa
mendorong, menyeleding, menyembunyikan peralatan sekolah korban. Kendala
guru dalam mencegah perilaku bullying, pertama ialah faktor Internal adalah
berasal dari siswa yang memiliki karakter berbeda-beda ada siswa yang memiliki
sifat introvert dan ada yang ekstrovert, contohnya saja siswa yang memiliki sifat
introvert akan sulit untuk mengungkapkan pendapatnya kepada orang lain terutama
guru berbeda halnya dengan siswa yang memiliki sifat ekstrovert yang lebih berani
dalam mengungkapkan pendapatnya. Kemudian yang kedua adalah faktor eksternal
adalah faktor dari luar yang dapat menghambat perilaku bullying yakni dari
keluarga, lingkungan sekolah serta pengaruh dari teman sebaya dan lingkungan
pergaulan luar sekolah.
Kata Kunci: Peran, Akidah Akhlak, dan Bullying

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 08:02
Last Modified: 30 May 2024 08:02
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item
View Item