Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Al-Baghdadiyah di Taman kanak-kanak Pertiwi IX Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi

Hasanah, Nur (2023) Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Al-Baghdadiyah di Taman kanak-kanak Pertiwi IX Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI NUR HASANAH - Nur Hasanah.pdf] Text
SKRIPSI NUR HASANAH - Nur Hasanah.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah
melalui metode al-baghdadiyah kelurahan olak kemang kecamatan danau
teluk kota jambi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana kemampuan membaca huruf hijaiyah dapat ditingkatkan dengan
melalui penerapan metode Al-Baghdadiyah dan apakah hasil belajar anak
dalam meningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui penerapan
metode Al-Baghdadiyah dapat berjalan dengan lancar serta bagaimana
pelaksanaan dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah
melalui penerapan metode Al-Baghdadiyah. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui kemampuan membaca huruf hijaiyah dalam meningkatkan
penerapan metode Al-Baghdadiyah. Pendekatan ini menggunakan pendekatan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penelitian meningkatkan

kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui penerapan metode Al-
Baghdadiyah dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan

lapangan, dokumentasi. Pada tindakan prasiklus terdapat 10 anak (66%)

dikatakan berhasil dalam membaca huruf hijaiyah menggunakan metode Al-
Baghdadiyah dengan media juz’amma, di siklus I terdapat 11 anak (73%)

yang berhasil membaca huruf hijaiyah menggunakan metode Al-Baghdadiyah
dengan media juz’amma. Siklus 2 terdapat 12 anak (80%) yang dikatakan
berhasil membaca huruf hijaiyah melalui metode Al-Baghdadiyah dengan
media juz’amma. Siklus 3 terdapat 13 anak (86%) yang dikatakan berhasil
membaca huruf hijaiyah melalui metode Al-Baghdadiyah dengan media
juz’amma. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah bahwa dengan
menggunakan media juz’amma dapat meningkatkan kemampuan membaca
huruf hijaiyah melalui metode Al-Baghdadiyah di Taman Kanak-kanak
Pertiwi IX kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi.
Kata kunci : Membaca Huruf Hijaiyah, Metode Al-Baghdadiyah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 07:55
Last Modified: 30 May 2024 07:55
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item
View Item