Penerapan metode belajar Brainstorming (Curah gagasan ) untuk meningkatkan kemampuan brpendapat siswa pada mata pelajaran Al-qur'an hadist klas IX di madtsah Tsanawiyah Negeri 1 kota sungai penuh provinsi jambi

WIRANATA, SATYA (2022) Penerapan metode belajar Brainstorming (Curah gagasan ) untuk meningkatkan kemampuan brpendapat siswa pada mata pelajaran Al-qur'an hadist klas IX di madtsah Tsanawiyah Negeri 1 kota sungai penuh provinsi jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SATYA WIRANATA 201180107PENERAPAN METODE BELAJAR BRAINSTORMING (CURAH GAGASAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN AL - QUR'AN HADITS KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1.pdf] Text
SATYA WIRANATA 201180107PENERAPAN METODE BELAJAR BRAINSTORMING (CURAH GAGASAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN AL - QUR'AN HADITS KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana meningkatkan kemampuan berpendapat
siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri
1 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi dengan menggunakan metode Brainstorming.
Proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits sebenarnya sudah berjalan optimal, tetapi ada
beberapa masalah yang terjadi, diantaranya siswa kurang aktif untuk bertanya dan
menjawab pertanyaan dari guru dan juga kurangnya semangat siswa dalam mengikuti
pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kemampuan berpendapat siswa dengan menggunakan Metode Brainstorming. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dimana pada penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus mempunyai 4 tahapan,
diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Sungai Penuh dan yang menjadi
subjeknya adalah kelas IX A dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang yang terdiri dari
19 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa
dengan menggunakan metode Brainstorming dapat meningkatkan kemampuan
berpendapat siswa disetiap siklusnya. Berdasarkan lembar observasi kemampuan
berpendapat siswa, pada siklus I mencapai angka 82,81%, sementara di siklus II
mengalami peningkatan yang mencapai angka 90,63%, dan pada penelitian Siklus III
kembali meningkat yang mencapai angka 100%. Sementara itu, untuk analisis hasil tes
kemampuan mengemukakan pendapat siswa, pada siklus I mencapai angka 69,5%,
sedangkan di siklus II mengalami peningkatan yang mencapai angka 84,5%, dan Siklus
III kembali mengalami peningkatan yang cukup baik, yaitu mencapai angka 100%.
Dari hasil itulah, dapat disimpulkan bahwa metode Brainstorming dapat diterapkan
pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan kemampuan berpendapat
dan mengasah kemampuan berfikir siswa.

Kata Kunci : Metode Brainstorming, Kemampuan Berpendapat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 22 May 2024 03:37
Last Modified: 22 May 2024 03:37
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item
View Item