Pola Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter (Akhlak Mahmudah) Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Swasta Sungai Manau Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin

Husna, Rifhatul (2023) Pola Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter (Akhlak Mahmudah) Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Swasta Sungai Manau Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Rifhatul Husna 201190093 Pola Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter (Akhlak Mahmudah) Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Sungai Manau Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin - Rifhatul Husna.pdf] Text
Rifhatul Husna 201190093 Pola Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter (Akhlak Mahmudah) Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Sungai Manau Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin - Rifhatul Husna.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pola Pembelajaran Akidah Akhlak
DalamMembentuk Karakter (Akhlak Mahmudah) Siswa Kelas XI di Madrasah
Aliyah Swasta Sungai Manau Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pembentukan karakter (Akhlak
Mahmudah) melalui perkembangan mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan instrumen pengumpulan data melalui
obserpasi,wawancara,dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa
karakter (Akhlak Mahmudah) adalah karakter yang bersumber dari ajaran Islam atau
karakter yang bersifat islami. Pembentukan karakter (Akhlak Mahmudah) di
Madrasah Aliyah Swasta Sungai Manau Kecamatan Sungai Manau Kabupaten
Merangin melalui pengembangan mata pelajaran akidah akhlak memiliki beberapa
cara, di antaranya: kepala madrasah memerintahkan kepada guru yang mengampu
mata pelajaran akidah akhlak untuk mencermati secara seksama tentang pendidikan
karakter yang telah dicanangkan oleh pemerintah agar dapat dilaksanakan ke dalam
pembelajaran sesuai dengan kondisi madrasah dan memperhatikan visi dan misi
madrasah yang berkaitan dengan pembentukkan karakter (Akhlak Mahmudah), guru
pengampu mata pelajaran akidah akhlak diberikan kebebasan untuk mengembangkan
karakter yang telah ada, sesuai dengan tingkatan jenjang masing-masing kelas dan
menjalin komunikasi antara wali kelas dan guru bimbingan konseling untuk melihat
sejauh mana pembelajaran Akidah Akhlak dalam memebentuk karakter (Akhlak
Mahmudah) pada peserta didik serta pemanfaatan dinding dengan tulisan kata-kata
bijak dan hikmah.

Kata kunci: Akidah Akhlak, pola pembelajaran, Karakter (Akhlak Mahmudah)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 07:43
Last Modified: 30 May 2024 07:43
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item
View Item