Kerjasama Pihak Sekolah dan Komite Dalam Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Batanghari

Wulandari, Wulandari (2023) Kerjasama Pihak Sekolah dan Komite Dalam Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Batanghari. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI WULANDARI WATERMAK.docx - Wulandari Wulan.pdf] Text
SKRIPSI WULANDARI WATERMAK.docx - Wulandari Wulan.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bentuk kerjasama antara pihak sekolah dengan
komite dalam meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran, aspek pendukung
dalam pelaksanaan kerjasama antara pihak sekolah dengan komite, aspek yang
menghambat pelaksanaan kerjasama antara pihak sekolah dengan komite, serta
upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dan komite sekolah SMA Negeri 11
Batanghari agar hubungan kerjasama berjalan dengan baik. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang dikumpulkan berupa
data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
observasi dan dokumentasi dan analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bentuk kerjasama antara pihak sekolah dengan komite dalam
meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran dilakukan dalam bentuk
kerjasama dilakukan dalam hal musyawarah, berdiskusi atau bertukar pendapat dan
melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peningkatan sarana dan prasarana
pembelajaran di sekolah tersebut. Aspek pendukung dalam pelaksanaan kerjasama
antara pihak sekolah dengan komite dalam meningkatkan sarana dan prasarana
pembelajaran adalah kepemimpinan yang baik dari kepala sekolah dan ketua
komite, hubungan yang harmonis antara pihak sekolah dengan komite sekolah,
ketersediaan dana dan transparansi penggunaan anggaran, serta sumber daya
manusia yang memadai sebagai anggota komite. Aspek yang menghambat
pelaksanaan kerjasama antara pihak sekolah dengan komite dalam meningkatkan
sarana dan prasarana pembelajaran adalah minimnya ketersediaan waktu dari
anggota komite sekolah dan keberadaan beberapa masyarakat yang kurang
mendukung kerjasama antara pihak sekolah dengan komite. Upaya yang dilakukan
oleh pihak sekolah dan komite agar hubungan kerjasama berjalan dengan baik

adalah memberikan informasi terpadu kepada masyarakat mengenai program-
program yang telah dilakukan oleh pihak sekolah dengan komite, serta berupaya

untuk menyesuaikan waktu yang dimiliki oleh pihak sekolah maupun pihak komite
sekolah.

Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana Pembelajaran, Mutu Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 07:44
Last Modified: 30 May 2024 07:44
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item
View Item