Analisis Strategi Eksistensi Toko Kelontong Dalam Menghadapi Perkembangan Pasar Modern Di Kabupaten Tebo

Dera, Windi Herlina (2023) Analisis Strategi Eksistensi Toko Kelontong Dalam Menghadapi Perkembangan Pasar Modern Di Kabupaten Tebo. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of WINDI HERLIN DERA 501190256 ANALISIS STRATEGI EKSISTENSI TOKO KELONTONG DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN PASAR MODERN DI KABUPATEN TEBO - Windi Herlin Dera.pdf] Text
WINDI HERLIN DERA 501190256 ANALISIS STRATEGI EKSISTENSI TOKO KELONTONG DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN PASAR MODERN DI KABUPATEN TEBO - Windi Herlin Dera.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Peran pasar modern khususnya Alfamart dan Indomaret di Indonesia semakin
besar dan diperkirakan pada akhirnya akan menggeser Toko Kelontong.
Keberadaan pasar modern juga menimbulkan persepsi yang berbeda dari setiap
kalangan masyarakat. Ada sebagian kelompok masyarakat yang memandang
keberadaan pasar modern secara positif. Misalnya, bagi kalangan menengah ke
atas, keberadaan pasar modern sangat menguntungkan karena mereka dapat
berbelanja dengan nyaman dan leluasa di pasar modern. Keberadaan pasar modern
ini juga dapat mempengaruhi pendapatan pedagang pasar tradisional. Salah satu
faktor terpenting bagi pengusaha Toko Kelontong adalah pendapatan yang
dihasilkan dari keuntungan mereka untuk menjaga kelangsungan usaha. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi eksistensi Toko Kelontong
dalam menghadapi perkembangan pasar modern di Kabupaten Tebo. Pada
penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pengecekan
keabsahan data dengan teknik Triangulasi dan metode pengumpulan data
menggunakan observasi dan wawancara. Adapun yang menjadi informan pada
penelitian ini yaitu lima pedagang dan lima konsumen. Berdasarkan hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Alfamart/Indomaret di Kecamatan
Tebo Tengah, Kabupaten Tebo berdampak terhadap pendapatan dan jumlah
konsumen pedagang Toko Kelontong, akan tetapi pedagang Toko Kelontong
mencoba untuk bertahan dengan cara menambah usaha sampingan agar
kelangsungan usahanya tetap terjaga.
Kata kunci: Eksistensi, Kepuasan Konsumen, Etika Usaha dalam Islam, Pasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 07:38
Last Modified: 30 May 2024 07:38
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item
View Item