Penerapan Strategi Question Student Have Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurusa’adah Sarolangun.

Sakhirah, Sakhirah (2023) Penerapan Strategi Question Student Have Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurusa’adah Sarolangun. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Sakhirah, S.Pd_010905 - Sak Hirah.pdf] Text
Sakhirah, S.Pd_010905 - Sak Hirah.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya temuan awal di Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Nurusa’adah Sarolangunbahwa siswa kelas II sebanyaki 10
orang siswa yang tekun menghadapi tugas hanya 30% keberhasilan, selebihnya
70% atau 7 orang anak belum. Sama dengan keuletan dalam menghadapi tugas
dan menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah untuk orang dewasa
juga masih rendah, hanya 30% keberhasilan. Maka dapat dikatakan bahwa
motivasi belajar siswa belum meningkat pada mata pelajaran tematik.
Pendekatan penelitian adalah PTK. Pelaksanaan PTK berkembang melalui
refleksi spiral dengan sendirinya (self- reflective spiral) yakni suatu daur ulang
dengan urutan perencanaan,pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Prosedur penelitian tindakan kelas ini di desain untuk 3 (tiga) siklus, dimana
masing-masing siklus dengan tahap pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategiquestion student have
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran tematik di
kelas II Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurusa’adah Sarolangun sebelum tindakan
siklus, hasilnya 70% belum termotivasi dalam belajar, setelah adanya tindakan
maka tindakan sudah ada 50%) sisa termotivasi belajar, meningkat pada siklus II
dengan nilai rata- rata siswa 60% yang termotivasi, kemudian meningkat lagi pada
siklus III dengan nilai rata- rata 68 dan jumlah siswa yang berhasil 80%
termotivasi. Hasilnya adalahpenerapan strategiquestion student havecukup
signifikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran
Tematik.
Kata kunci:Strategi Question Student Have,Motivasi Belajar, Pembelajaran

Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 07:14
Last Modified: 30 May 2024 07:14
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item