Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Jambi

Setyaningsih, Feby (2023) Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Feby Setyaningsih_105190066_Skripsi - Feby Setyaningsih.pdf] Text
Feby Setyaningsih_105190066_Skripsi - Feby Setyaningsih.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap
pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi Populasi penelitian
ini yaitu berjumlah 7.082 dan sampel yang digunakan sebanyak 99 responden.
Teknik sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental. Analisis
data tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan diberikan berdasarkan 5
indikator yaitu: Keandalan, Jamninan, Empati, Daya Tanggap dan Bukti Fisik.
Hasil yang diperoleh bahwa tingkat kepuasan kepuasan masyarakat terhadap
pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi memiliki skor
rata-rata 3,17 yang berada pada skala 2.51-3.25 dengan kategori Puas. Kemudian,
Teknik analisis data untuk melihat kesenjangan antara harapan dan kinerja
menggunakan metode Importance Performance Analisys (IPA), yang mana
hasilnya dikelompokkan dalam empat bagian yaitu: Kuadran A (Prioritas Utama),
Kuadran B (Pertahankan Prestasi), Kuadran C (Prioritas Rendah), nan Kuadran D
(Berlebihan).

Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 07:11
Last Modified: 30 May 2024 07:11
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item
View Item