Penerapan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Fitriani, Anita (2023) Penerapan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI ANITA FITRIANI - Intan tri Handayani.pdf] Text
SKRIPSI ANITA FITRIANI - Intan tri Handayani.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Strategi Mind Mapping Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Fikih Di
Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung
Timur dengan rumusan masalah Bagaimana Penerapan Strategi Mind Mapping
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Fikih Di
Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung
Timur Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Penerapan Strategi Mind
Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran
Fikih Di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Nipah Panjang Kabupaten Tanjung
Jabung Timur Pada mata pelajaran Fikih dengan materi puasa. Jenis penelitian
iniadalah Classroom action research (PenelitianTindakan Kelas). Subjek
penelitian ini adalah kelas IV Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Nipah Panjang.
yang berjumlah 24 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini
yaitudengan cara observasi,tes tertulis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa dengan menerapkan Strategi Mind Mapping dapat meningkatkan Hasil
Belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Diniyah Nurul
Hidayah dapat dilihat dari hasil pada siklus I memperoleh persentase 66% dan
mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 87 %.. dengan
kategori baik. Pada siklus ke II penelitian ini berhasil meningkatkan percaya diri
siswa dimana telah memenuhi atau mencapai kriterian keberhasilan yang
telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tersebut maka terbukti dengan
menerapkan Strategi Mind Mapping dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa
kelas IV Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Nipah Panjang.
Kata Kunci: Strategi, Mind Mapping, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 07:06
Last Modified: 30 May 2024 07:06
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item
View Item