Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Mujawwidin Rimbo Bujang Tebo Jambi

Suyatno, Suyatno and Ramiah, Ramiah (2023) Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Mujawwidin Rimbo Bujang Tebo Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of TESIS SUYATNO - usman fahmy.pdf] Text
TESIS SUYATNO - usman fahmy.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah,
kendala, dan hasil dari strategi kepala madrasah dalam pengembangan
kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul
Mujawwidin Rimbo Bujang Tebo Jambi. Jenis penelitian ini yakni
penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif. Informan dalam penelitian bersumber dari kepala
madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru. Dalam pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Saat
melakukan analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi
data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan
kesimpulan (Verification/ conclusion drawing). Langkah-langkah strategi
yang diterapkan kepala madrasah yaitu strategi formal dan non formal.
Strategi formal mengikutkan guru dalam kegiatan IHT, kursus, pelatihan,
MGMP, seminar, dan kepala madrasah melakukan supervisi guru. Strategi
non formal mendorong guru untuk mengembangkan kompetensinya
secara mandiri dengan online, diskusi, motivasi, dan menerapkan
kedisiplinan. Faktor penghambatnya ialah kurangnya literasi, kurang
kreatifitas, kurang memanfaatkan teknologi informasi, minim penelitian
yang dilakukan oleh guru. Model pengembangan yang dilakukan yaitu
melaksanakan In House Training (IHT). Dampak atau hasil dari stategi
yang di terapkan oleh kepala madrasah dalam penelitian ini menunjukan
bahwa guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya semakin
meningkat profesionalnya, kedisiplinan warga madrasah meningkat, dan
guru termotivasi dalam mencerdaskan peserta didik, serta peserta didik
semakin antusias dalam belajar sehingga prestasinya juga meningkat.
Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional Guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 07:05
Last Modified: 30 May 2024 07:05
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item
View Item