Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tebo

Akbar, M. Okri (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tebo. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of M. Okri Akbar ( 206190020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tebo - M_OKRI AKBAR.pdf] Text
M. Okri Akbar ( 206190020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tebo - M_OKRI AKBAR.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir siswa masih berada pada kategori berpikir tingkat rendah,
tingkat soal yang dibuat oleh guru masih pada aspek tingkat rendah yakni C1
sampai C3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa
kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tebo. Penelitian ini menggunakan metode
quasi eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sampel penelitian
ini merupakan total sampling yakni siswa kelas XI Mipa berjumlah 26 siswa.
Variabel dalam penelitian ini menggunakan variabel bebas dan terikat. Instrumen
penelitian pengumpulan data adalah pretest-postest, observasi dan dokumentasi.
Adapun analisis data pretest memiliki nilai rata-rata yakni 23,05, Standar deviasi
bernilai 7,47, Nilai tertinggi untuk pretest 38,85 sedangkan nilai terendah 11,1.
Serta untuk data postest memiliki nilai rata-rata 66,17, Standar deviasi bernilai
11,84, Nilai tertinggi 88,8 dan nilai terendah 44,4. Berdasarkan hasil analisis
penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan menunjukkan bahwa
terdapat peningkatan dengan uji N-Gain memperoleh nilai 0,56 maka dinyatakan
terdapat peningkatan yang sedang. Seterusnya dilakukan uji normalitas yang mana
hasilnya besar dari 0,05 berdistribusi normal dan dilakukan uji homogenitas
mendapatkan signifikansi lebih kecil dari 0.05% yaitu 0,39 dan uji T test yang
hasilnya 0,00 lebih kecil dari 0,05 yang dimana terdapat pengaruh yang signifikan
dan di perkuat dengan uji efek size dengan kalkulasi 3,56 dengan variabel
independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan
perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran discovery Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi
siswa pada pembelajaran Fisika di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tebo.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan berpikir tingkat tinggi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 04:50
Last Modified: 30 May 2024 04:50
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item
View Item