Peran Guru Aqidah akhlak dalam Meningkat Kedisiplinan Siswa di Madrasah di Tsanawiyah Negeri 4 Kota Jambi

Al Qarni, Gustianda (2023) Peran Guru Aqidah akhlak dalam Meningkat Kedisiplinan Siswa di Madrasah di Tsanawiyah Negeri 4 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Gustianda Robby Al Qarni 151360 Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Jambi - gustianda robbialqarni.pdf] Text
Gustianda Robby Al Qarni 151360 Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Jambi - gustianda robbialqarni.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini di latar belakangi oleh kurangnya kedisiplinan siswa terutama
kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Pertama masih
Lemahnya kemampuan siswa dalam belajar sehingga cenderung tidak terkontrol
perilakunya, kedua, masih ditemukan siswa yang membawa handphone ke
sekolah sehingga membuat konsentrasi belajar mereka terganggu karena
handphone tidak dimatikan ketika belajar. Ketiga, masih ditemukan siswa yang
merokok, membolos, dan keluar tanpa izin ketika pembelajaran sedang
berlangsung di sekolah. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif yang dilihat
melalui sudut pandang pendidikan, sedangkan pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa.
Bentuk kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Jambi masih
rendah, dengan ditunjukkan dengan membuat kegaduhan di kelas saat proses
pembelajaran berlangsung, suka merokok, membolos dan membawa handphone
ke sekolah Kendala Guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan siswa
di yaitu masih lemahnya kemampuan peserta didik dalam belajar sehingga tidak
terkontrol perilakunya , siswa masih kurang dalam introspeksi diri dalam
melaksanakan peraturan di kelas, masih lemahnya hukuman yang diterapkan di
sekolah terhadap siswa dan masih rendahnya dukungan dari sebagian orang tua
dalam menyelesaikan masalah Akhlak siswa yang buruk . Peran Guru mata
pelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan diwujudkan dengan
guru sebagai pembina prilaku siswa, guru sebagai teladan bagi siswa, guru
sebagai penasehat bagi siswa dan Guru sebagai pemberi sanksi kepada siswa yang
berakhlak buruk .

Kata Kunci : Peran, Guru Aqidah Akhlak, Kedisiplinan Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 22 May 2024 02:04
Last Modified: 22 May 2024 02:04
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item
View Item