Pengaruh Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pegadaian Syariah Digital Services (PSDS) Cabang Pegadaian Syariah Jelutung.

Hariyati, Feni (2023) Pengaruh Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pegadaian Syariah Digital Services (PSDS) Cabang Pegadaian Syariah Jelutung. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari faktor religiusitas,
kepatuhan syariah, kualitas layanan, pengetahuan dan promosi terhadap
keputusan nasabah untuk menggunakan produk pegadaian syariah digital
services (PSDS) di cabang pegadaian syariah Jelutung. Penelitian ini
termasuk dalam penelitian asosiatif kausal. Dalam penelitian ini terdapat
variabel independen (variabel yang mempengaruhi) dan juga variabel
idependen (variabel yang dipengaruhi). Berdasarkan jenis metode
penelitian yang digunakan, penelitian ini termasuk kedalam jenis
penelitian kuantitatif. jenis data yang digunakan adalah data primer dan
data sekunder. Yang mana data primer diperoleh melalui penyebaran
kuesioner dengan tekhnik sampling simple random sampling, sedangkan
data sekunder yang digunakan diperoleh dari laporan yang dimiliki oleh
pihak pegadaian Jelutung. Responden dalam penelitian ini difokuskan
pada nasabah cabang pegadaian syariah jelutung saja. Adapun analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah regeresi linier berganda
dengan bantuan program SPSS. Adapun beberapa tahapan uji yang
dilakukan peneliti dalam mengolah data adalah uji validitas, realibilitas, uji
asumsi klasik, uji T, Uji F dan Uji Koefisien determinasi.
Setelah dilakukan uji secara parsial terhadap masing-masing variabel
independen didapat hasil satu dari lima variabel yaitu variabel religiusitas,
tidak berpengaruh signifikan dan memiliki koefisien negatif. Yang artinya
tingkat religiusitas nasabah tidak berpengaruh terhadap tingkat keputusan
memilih menggunakan produk PSDS. Akan tetapi, keempat variabel
lainnya, yaitu variabel kepatuhan syariah, kualitas layanan, pengetahuan
dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
memilih menggunakan produk PSDS. Kemudian, setelah dilakukan uji
secara simultan didapat hasil bahwa kelima variabel independen tersebut
berpengaruh signifikan terhadap variabel Idependen. Yaitu memiliki
pengaruh sebesar 57,1% terhadap keputusan memilih menggunakan
produk PSDS. Sedangkan sisanya sebanyak 42,9% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Religiusitas, Kepatuhan syariah, Kualitas layanan,
Pengetahuan, Promosi, Keputusan memilih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 04:42
Last Modified: 02 Oct 2024 02:31
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item
View Item