Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Daya Saing Dalam Belajar di Pondok Pesantren Ma’had Futuhul Mu’arif Al-Aziziyah Merangin.

Widiani, Risty (2023) Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Daya Saing Dalam Belajar di Pondok Pesantren Ma’had Futuhul Mu’arif Al-Aziziyah Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Skripsi Risty Widiani.pdf] Text
Skripsi Risty Widiani.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Peserta Didik dalam
Meningkatkan Daya Saing dalam Belajar di Pondok Pesantren
Ma’had Futuhul Mu’arif Al-Aziziyah Merangin. Penelitian ini
bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai manajemen
peserta didik dalam meningkatkan daya saing dalam belajar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami
fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan kemudian
menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan pendidikan
formal yang masih diiringi dengan rendahnya daya saing dalam
belajar peserta didik. Perlu adanya pengelolaan manajemen peserta
didik agar daya saing dalam belajar meningkat. Pondok Pesantren
Ma’had Futuhul Mu’arif Al-Aziziyah Merangin merupakan salah
satu pondok pesantren yang berada dikelurahan mampun rantau
panjang Tabir-Merangin, dibidang akademik sekolah tersebut bisa
dikatakan memiliki tingkat daya saing belajar peserta didik dalam
belajar relative rendah.
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana manajemen peserta
didik dalam meningkatkan daya saing dalam belajar di Pondok
Pesantren Ma’had Futuhul Mu’arif Al-Aziziyah Merangin. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pimpian pondok pesantren akan
terus berupaya untuk meningkatkan daya saing peserta didik dalam
belajar. Rencana yang dilakukan pimpinan pondok pesantren
dengan melaksanakan event sekolah sekali setahun dan kegiatan
belajar mengajar dari pagi, siang dan malam sebagai upaya
penunjang dalam meningkatkan daya saing dalam belajar peserta
didik.
Kata Kunci : Manajemen, Peserta Didik, Daya Saing Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 04:37
Last Modified: 30 May 2024 04:37
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item
View Item