Upaya guru dalam menanamkan pemahaman modelling yhe way siswa kelas III pada mata pelajaran fiqih di madrasah ibtidaiyah nurul iman muatro Jambi

Munawaroh, Fitria (2023) Upaya guru dalam menanamkan pemahaman modelling yhe way siswa kelas III pada mata pelajaran fiqih di madrasah ibtidaiyah nurul iman muatro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of FITRIA MUNAWAROH (204190094) - Fitria Munawaroh.pdf] Text
FITRIA MUNAWAROH (204190094) - Fitria Munawaroh.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesrkripsikan guru Fiqih dalam melaksanakan
pembelajaran melalui strategimodelling the way terhadap penanaman pemahaman
berwudhu siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Muaro Jambi
.Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi
modelling the way dalam pembelajaran fiqih, untuk mengetahui faktor pendukung
dan penghambat dalam menanamkan pemahaman berwudhu siswa kelas III di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penulis mendeskripsikan strategi
pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi, serta dokumentasi.Teknik
analisis data yang di gunakan adalah teknik analisis reduksi data, penyaian data,
dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa
strategi modelling the way dalam pembelajaran fiqih menanamka pemahaman
dapat berjalan dengan baik serta efektif dalam menanamkan pemahaman
berwudhu siswa.Faktor pendukungnya ialah motivasi belajar siswa dan partispasi
siswa, sedagkan faktor penghambatnya adalah siswa kesulitan dalam menangkap
pemahaman, kurangnya alokasi waktu pembelajaran, sarana dan prasarana yang
tidak memadai dan kurangnya bimbingan orang tua. Langkah-langkah dalam
Menanamkan Pemahaman modelling the way pada materi berwudhu adalah guru
memberikan penjelasan materi serta contoh berwudhu kepada siswa kemudian
siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok kecilselanjutnya siswa berdiskusi dan
siswa diberi waktu 5-7 menit untuk berlatih, kemudian siswa mendemonstrasikan
berwudhu secara bergiliran sesuai nama absen.

Kata Kunci: Menanamkan Pemahaman, Modelling The way, Pelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 04:30
Last Modified: 30 May 2024 04:30
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item
View Item