Strategi Marketing Mix Dalam Upaya Menngkatkan Jumlah Nasabah Pebiayaan Ijarah Di BMT Al Ishlah Kota Jambi

Ratna Dewi, Sholikhah (2023) Strategi Marketing Mix Dalam Upaya Menngkatkan Jumlah Nasabah Pebiayaan Ijarah Di BMT Al Ishlah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SHOLIKHAH RATNA DEWI 502180068 STRATEGI MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN IJARAH DI BMT AL ISHLAH KOTA JAMBI - sholikhah ratna dewi.pdf] Text
SHOLIKHAH RATNA DEWI 502180068 STRATEGI MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN IJARAH DI BMT AL ISHLAH KOTA JAMBI - sholikhah ratna dewi.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui strategi marketing mix dalam upaya
meningkatkan jumlah nsabah pembiayaan ijarah di BMT Al-Ishlah Kota Jambi.
Dalam hal ini penulis membatasi masalah yang dibahas yaitu hanya pemaparan
tentang bagaimana strategi marketing mix, faktor penghambat dan upaya yang
dilakukakan BMT Al-Ishlah Kota Jambi dalam meningkatkan jumlah nasabah
pembiayaan ijarah. Oleh karena itu, secara tidak langsung penelitian ini dapat
memberikan manfaat seperti, menambah pengetahuan dan pengalaman, sebagai
bahan untuk melakukan penelitian khususnya yang memiliki relevansi dengan
penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan metode
kualitatif. Jenis dan sumber catat penelitian ini berupa data primer (bersumber dari
hasil penelitian dilapangan) dan data sekunder (data yang tidak langsung
memberikan data kepada peneliti seperti dokumen resmi website dll). Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan (1) Reduksi Data, (2)
Penyajian Data, (3) Conclusing Drawing/Verification. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan hal berikut. BMT Al-Ishlah
menarik nasabah agar pembiayaan ijarah meningkat dengan Strategi marketing
mix menggunakan 7P diantaranya yaitu: product, price, place, promotion, people,
process, physical evidence, ketuju marketing mix ini sudah diterapkan akan tetapi
belum berjalan maksimal dalam penerapannya. Faktor penghambat dihadapi BMT
Al-Ishlah yakni dari segi sumber daya manusia, peran DPS (Dewan Pengawas
Syariah) yang masih lemah, serta dana untuk mempromosikan produk-produk
BMT, sarana dan prasarana seperti teknologi yang masih terbatas. Adapun cara
mengatasinya dengan meningkatkan jumlah nasabah dan meningkatkan sumber
daya manusia dengan menerapkan 5C yaitu: character, capacity,
capital,collateral, conditional of economic.

Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, Pembiayaan Ijarah, Faktor

Penghambat dan Cara Mengatasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 04:12
Last Modified: 30 May 2024 04:12
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item
View Item