Implementasi Pembelajaran Bina Pribadi Islami (BPI) Pada Peserta Didik Dalam Membangun Karakter Religius Anak Di SDIT Ash Shiddiiqi Kota Jambi

Nurfadhilah, Noviana (2023) Implementasi Pembelajaran Bina Pribadi Islami (BPI) Pada Peserta Didik Dalam Membangun Karakter Religius Anak Di SDIT Ash Shiddiiqi Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Noviana Nurfadhilah NIM 204190012 : “Implementasi Pembelajaran
Bina Pribadi Islami (BPI) Pada Peserta Didik Dalam Membangun Karakter
Religius Anak Di SDIT Ash Shiddiiqi Kota Jambi”. Skripsi program Strata 1
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
(FTK) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Pembahasan dalam penlitian ini dilatarbelakangi oleh adanya
Pembelajaran Bina Pribadi Islami (BPI), salah satunya telah diterapkan di Sekolah
Dasar Islam Terpadu (SDIT). Secara khusus akan terungkap bagaimana proses,
hambatan dan tantangan dalam Implementasi Pembelajaran Bina Pribadi Islami
(BPI) di SDIT Ash Shiddiiqi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan (Field
Research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Melalui penelitian lapangan yang telah dilakukan oleh penulis,
menunjukkan bahwa untuk membangun karakter religius dalam diri anak dapat
dilakukan melalui pembiasaan aktifitas pembelajaran di lingkungan dan tempat
yang baik. Upaya membangun karakter religius dalam diri peserta didik tidak lain
adalah untuk menuju kematangan mental atau yang lebih dikenal dengan
kemandirian, sebagai ciri khas dari seorang anak. Sehingga saat karakter religius
tersebut telah ada dalam diri anak, maka anak tidak lagi ragu dalam mengambil
langkah dikarenakan anak telah memiliki bekal berupa kemandirian dalam
menimbang untuk mengambil keputusan berdasarkan berbagai hal baik yang telah
dipelajari.
Adapun tahapan proses implementasi Pembelajaran Bina Pribadi Islami
(BPI) yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Evaluasi, yang dibalut bersama
konsep mengenal, terbiasa, dan pembiasaan, serta pentingnya roh guru dalam
dunia mendidik. Kemudian, terkait hambatan dalam proses implementasi yang
meliputi: 1) Guru, meliputi terkendala jumlah pembimbing, waktu pelaksanaan
pembelajaran, dan kepiawaian guru dalam mengaplikasikan variasi metode
belajar; 2) Peserta Didik, meliputi kurangnya kemandirian anak serta metode
belajat tiap anak yang berbeda; 3) Wali Murid, meliputi perlunya kerja sama yang
baik antara orang tua kepada sekolah. Hadirnya pembekalan bagi guru secara
berkala, seminar parenthing khusus untuk orang tua, dan upaya terjalinnya kerja
sama yang baik antara guru dan orang tua yakni dengan dibentuknya grub via
whatsapp serta adanya dikusi/sharing untuk setiap penyimpangagn terkait peserta
didik, menjadi solusi yang digunakan pihak sekolah untuk menghadapi hambatan
yang terjadi dalam proses implementasi pembelajaran Bina Pribadi Islami (BPI).
Kata Kunci : Karakter Religius, Implementasi Pembelajaran, Bina Pribadi

Islami (BPI)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 04:09
Last Modified: 17 Oct 2024 04:37
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item
View Item