Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sma Negeri 5 Kota Jambi

Susilowati, Evi (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sma Negeri 5 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of TESIS 2023 eviii - evi susill_.pdf] Text
TESIS 2023 eviii - evi susill_.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih rendah. Indonesia
mengalami ketertinggalan dalam hal mutu pendidikan. Covid 19 menjadi
bencana dunia yang juga berdampak terhadap pendidikan di Indonesia.
Pembelajaran yang awalnya berada di dalam kelas berubah menjadi
pembelajaran daring dengan berbagai model. Namun banyak
permasalahan muncul akibat pembelajaran daring. Kemudian Pemerintah
meluncurkan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai langkah untuk
menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi. Perubahan kurikulum
didasarkan pada sebuah tujuan yaitu memulihkan ketertinggalan dan
memberikan kebebasan kemerdekaan bagi siswa maupun sekolah untuk
melakukan recovery (pemulihan) dari learning loss (menurunnya
pengetahuan dan ketrampilan siswa akibat pembelajaran dirumah yang
berlangsung lama.) Learning loss bukan sekedar pada pengetahuan
tetapi lebih dari itu learning loss juga dalam hal pembangunan karakater.
Karakter inilah yang menjadi inti pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai Implementasi
Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan
Karakter Peserta Didik SMA Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi
kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 5 Kota Jambi telah berjalan
dengan baik. Mulai dari tahap perencanaan Implementasi 1. Implementasi
Pembelajaran Intrakurikuler dimulai dari kegiatan pembukaan,
pembelajaran inti sampai penutup pembelajaran. Melalui kegiatan
pembisaan seperti berdoa sebelum dan sesudah memulai pembelajaran
serta menghafalkannya, mengikuti kegiatan keagamaan setiap pagi hari
sebelum pembelajaran di kelas. 2. Implementasi pembelajaran kokurikuler
berupa kegiatan projek, adapun tahapan dalam pengimplementasiannya
di mulai dari pemberian materi, aksi. 3. Implementasi ektrakurikuler
Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan mengembangkan minat, bakat siswa.
Adapun faktor penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka
belajar dalam pembentukan karakter. Sebagian guru masih kurang terlibat
aktif dalam mengimplementasi pendidikan karakter sehingga dapat
menghambat proses penanaman pendidikan karakter. Masih terdapat
beberapa siswa siswi yang kurang disiplin seperti terlambat datang
sekolah, keliaran di jam masuk pembelajaran.
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, PAI, Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 03:57
Last Modified: 30 May 2024 03:57
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item
View Item