Bauran Pemasaran Produk Pakaian Lokal Distro Scramble Dengan Pakaian Luar Negeri Toko Converse Di Kota Jambi (Studi Komparasi)

Al Hadiid, Nasrullah (2023) Bauran Pemasaran Produk Pakaian Lokal Distro Scramble Dengan Pakaian Luar Negeri Toko Converse Di Kota Jambi (Studi Komparasi). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of WM SKRIPSI NASRULLAH AL HADIID 501180071 - Nasrullah Al Hadiid.pdf] Text
WM SKRIPSI NASRULLAH AL HADIID 501180071 - Nasrullah Al Hadiid.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang bauran pemasaran produk pakaian
lokal terhadap produk pakaian luar negeri. Jenis penelitian ini menggunakan
metode analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh
informasi mengenai bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan pakaian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing yang
digunakan produk pakaian lokal distro scramble dalam mengatasi persaingan dari
toko pakaian luar converse, serta hambatan dan solusi distro scramble dalam
memasarkan produk pakaian. 1) Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi
produk yang dijual yaitu pakaian memiliki mutu dan kualitas yang baik sesuai
dengan kebutuhan konsumen. Kedua strategi harga pakaian sesuai dengan harga
produksi, tidak tinggi dan tidak rendah. Ketiga strategi lokasi distro scramble
sudah strategis dekat dengan museum siginjai. Kempat strategi promosi

menciptakan hubungan baik dengan konsumen dan menerapkan diskon pada hari-
hari besar. 2) Hambatan dalam memasarkan pakaian yang dihadapi distro

scramble yaitu persaingan atara produk pakaian luar dan dalam negeri, putusnya
bahan dari pabrik menjadi masalah yang menyebabkan persediaan pakaian jadi
terbatas, dan efek dari corona kemarin yang masih terasa. 3) Penyebab masyarakat
lebih tertarik untuk memilih produk pakaian luar negeri karena mereka
berpendapat bahwa produk luar negeri lebih menarik dengan merek yang sudah
terkenal, bahan yang berkualitas dan inovasi baru yang unik ada kebanggaan
tersendiri, seperti menjadi lebih elegan ketika menggunakan pakaian luar negeri.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Produk Pakaian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 03:35
Last Modified: 30 May 2024 03:35
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item
View Item