Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi.

Ardiansah, Roji (2023) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 201180038 STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 MUARO JAMBI - Roji Ardiansah.pdf] Text
201180038 STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 MUARO JAMBI - Roji Ardiansah.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi dengan mengunakan Strategi Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ips di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan mengunakan Strategi Berbasis Masalah. Instrumen Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa Observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Strategi Berbasis Masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Penidikan Agama Islam dengan persentase ketuntasan sebanyak 85% pada siklus I dan 92% pada siklus II. Penelitian ini dapat dikatakan sudah berhasil karena sudah memenuhi indikator keberhasilan tindakan yang diterapkan, yakni penelitian dikatakan berhasil apabila banyak siswa yang tuntas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai ketuntasan di Atas 75.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 30 May 2024 07:39
Last Modified: 30 May 2024 07:39
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item
View Item