PENAFSIRAN WAHBAH AZ-ZUHAILI DAN M. QURAISH SHIHAB TENTANG PENDIDIKAN ANAK QS LUQMAN AYAT 12-19 (Studi Komparatif)

Muhammad, Ardon (2023) PENAFSIRAN WAHBAH AZ-ZUHAILI DAN M. QURAISH SHIHAB TENTANG PENDIDIKAN ANAK QS LUQMAN AYAT 12-19 (Studi Komparatif). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Bagi Skripsi M. ardon  watermark - Ardon Muhammad.pdf] Text
Bagi Skripsi M. ardon watermark - Ardon Muhammad.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan anak dalam Islam merupakan topik yang penting dan relevan
dalam konteks perkembangan sosial dan moral anak-anak muslim. Skripsi ini
menganalisis penafsiran M. Quraish Shihab dan Wahbah Az-Zuhaili tentang
pendidikan anak dalam Islam berdasarkan ayat-ayat QS Luqman Ayat 12-19.
Tujuan skripsi ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang
pendidikan anak dalam Islam berdasarkan dua perspektif yang berbeda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research,
sehingga data yang diperoleh adalah berasal dari kajian teks atau buku-buku yang
relevan dengan pokok atau rumusan masalah. Sifat penelitian ini adalah kualitatif.
Dalam menganalisa data penulis menggunakan metode deskriptif-analitis juga
menambahkan metode komparatif yakni membandingkan Tafsir Al-Munir dan
Tafsir Al-Mishbah.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Persamaan mengenai konsep
pendidikan anak dalam surat Luqman menurut kedua tokoh tersebut adalah anak
perlu diajarkan mengenai keimanan yang merupakan dasar dari pelajaran agar
menjadi bekal anak dalam menjalani kehidupan dewasanya kelak, setelah itu
diajarkan pula untuk bersyukur, menghormati orangtua, memiliki jiwa bertanggung
jawab, sikap toleransi, bersabar, mengajak yang baik dan menjauhi yang buruk,
serta menjalankan ibadah utama yaitu shalat. Pelajaran keimanan menurut
keduanya harus benar-benar ditanamkan kepada anak dengan baik dan benar,
karena bila anak tidak memahami secara baik akan berakibat buruk bagi dirinya
kelak, yakni dikhawatirkan ia akan berbuat syirik (menyekutukan Tuhannya).
Meskipun pelajaran keimanan harus ditekankan, M. Quraish Shihab memiliki
pandangan yang berbeda, menurutnya mendidik anak secara tegas itu perlu, tetapi
juga diselingi kasih sayang agar anak lebih mudah memahami dan menerima
pelajaran tersebut. Selain pelajaran mengenai ketuhanan dan berbagai hal yang
mengitarinya, hendaknya anak juga belajar mengenai akhlak (perilaku) agar anak
tidak merasa bosan. Pelajaran akhlak tersebut, antara lain; sederhana dalam berucap
dan berjalan, menghormati oranglain, serta tidak mengambil contoh yang buruk
Kata Kunci: Pendidikan Anak, Tafsir Al-Misbbah, Tafsir Al-Munir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 03:32
Last Modified: 30 May 2024 03:32
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item
View Item