Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi

Karvansah, Rezu (2023) Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui peran guru Al-
Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa membaca Al-Qur’an di

MTSs Jauharul Islam, Mengetahui kendala yang dihadapi guru Al-Qur’an
terhadap siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTSs Jauharul Islam, dan
Mengetahui upaya dari guru Al-Qur’an Hadits terhadap siswa yang kesulitan
membaca Al-Qur’an di MTsS Jauharul Islam. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian : 1) peran guru Al-Qur’an Hadits dalam Pelaksanaan
membaca Al-Qur’an terhadap siswa-siswanya sangat penting sekali. 2) Kendala
Guru Al-Qur’an Hadits dalam Menghadapi Kesulitan-Kesulitan yang
menyebabkan siswa kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an adalah sebagai
berikut : pengaruh penggunaan gadget, kurang perhatian orangtua dan pergaulan
bebas. 3) upaya dari guru Al-Qur’an Hadits terhadap siswa yang kesulitan
membaca Al-Qur’an di MTSs Jauharul Islam dengan cara Meningkatkan kegiatan

latihan, Menyediakan sumber belajar yang variatif, Mengadakan tadarus Al-
Qur’an selama kurang lebih 5-10 menit, Mengadakan jam tambahan,

Memberikan pujian dan membantu mengatasi kesulitan belajar,
Menginformasikan hasil belajar siswa, Memberikan tugas yang dapat merangsang
kemauan dan kemampuan siswa.
Kata Kunci : Peran Guru, Al-Qur’an Hadits, Kesulitan Membaca

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 03:12
Last Modified: 17 Oct 2024 06:01
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item
View Item