Upaya Guru Tahfiz dalam Membimbing Siswa Menghafal Al- Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi.

Trisusanto, Rahmadani (2023) Upaya Guru Tahfiz dalam Membimbing Siswa Menghafal Al- Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi adalah salah satu
lembaga pendidikan yang terletak di Jln. Enggano, Perumnas, Kel. Handil Jaya,
Kec. Jelutung, Kota Jambi. Skripsi ini membahas tentang upaya guru Tahfiz
dalam membimbing siswa menghafal Al-Qur’an di kelas VII D Sekolah
Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi. Tujuan dilakukannya penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru Tahfiz dalam
membimbing siswa menghafal Al-Qur’an di kelas VII D Sekolah Menengah
Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi, kendala apa saja yang di hadapi dalam upaya
guru Tahfiz Dalam Membimbing Siswa Menghafal Al-Qur’an di kelas VII D
Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi, dan apa metode yang
digunakan guru Tahfidz dalam upaya membimbing siswa menghafal Al-Qur’an di
kelas VII D Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian
yang pengumpulan datanya dilakukan dengan cara memperoleh data melalui
penelitian berdasarkan objek lapangan. Adapun metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Dan Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan ialah perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi data dan diskusi teman sejawat.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa adapun upaya-upaya yang dilakukan
guru Tahfiz dalam membimbing siswa menghafal Al-Qur’an di kelas VII D
Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi yaitu: Pelaksanaan
program BBQ (Belajar Baca Qur’an) dan pembagian tingkatan halaqoh Tahfidz,
upaya guru Tahfidz dalam membimbing siswa menghafal Al-Quran di kelas VII
D Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi melalui mengadakan
seminar motivasi, melalui pemberian hadiah (reward), melalui perannya sebagai
pendidik, melalui perannya sebagai fasilitator, melalui perannya sebagai
motivator, melalui perannya sebagai evaluator. adapun kendala-kendala yang

dihadapi dalam upaya guru Tahfidz dalam membimbing Siswa menghafal Al-
Qur’an di kelas VII D Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi

ialah latar belakang siswa yang berbeda-beda, kurangnya motivasi dari orang tua
seperti orang tua siswa yang tidak lagi lengkap, broken home, masih banyaknya
siswa-siswi yang sulit di atur, bandel, nakal, mengantuk, malas, waktu yang sebenarnya masih kurang untuk menghafal Al-Qur’an, adanya siswa yang
belum memiliki kesadaran untuk menghafal Al-Qur’an dan muroja’ah hafalan
serta sedang marak-maraknya perkembangan teknologi. Dan adapun metode yang
digunakan guru Tahfidz dalam upaya membimbing Siswa menghafal Al-Qur’an
di kelas VII D Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi yaitu:
metode tasmi’ dan metode qiroati.
Kata Kunci: Upaya Guru Tahfiz, Membimbing Siswa, Menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 03:02
Last Modified: 17 Oct 2024 07:03
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item
View Item