Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al-Hidayah Tanjung Jabung Timur Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu

Rohmansyah, Edo (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al-Hidayah Tanjung Jabung Timur Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Edo Rohmansyah 207180061 Tadris Biologi UIN STS Jambi - Edo rohmansyah.pdf] Text
Edo Rohmansyah 207180061 Tadris Biologi UIN STS Jambi - Edo rohmansyah.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA Terpadu kelas VIII A , Al - Hidayah Tanjung Jabung Timur dengan
mengunakan model pembelajaran bermain peran ( role playing ) Dengan KKM 75
% maka rumusan masalah yang peneliti ambil sesuai judul adalah Bagimanakah
efektifitas model pembelajaran role playing , untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajran IPA Terpadu . Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas ( PTK ) Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al- Hidayah Tanjung
Jabung Timur tahun 2022/2023 dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A , 13
siswa . Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus , siklus I terdiri dari dua pertemuan
dan siklus II terdiri dari dua pertemuan . Tahap setiap siklus terdiri dari perencanaan
/ observasi dan refleksi , instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes ,
lembar observasi dan kuesioner analisis data dilakukan secara kuantitatif dan
kualitatif.dengan KKM 75 % . Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan
model role playing dapat meningkatakan hasil belajar siswa . dilihat dari siklus I
menunjukan dengan nilai presentase keberhasilan siswa sebesar 53,8 % . Dan pada
siklus II menunjukan hasil dengan nilai sebesar 84,62 % . Hal ini menunujukkan
bahwa dengan menerapkan model pemebelajaran Role Playing dapat meningkatkan
hasil belajar , terbukti dari hasil penelitian ini pada siklus I dan II . Dengan ini
peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran role
playing dalam proses pembelajaran IPA Terpadu di MTs Al Hidayah Tanjung
Jabung Timur .

Kata Kunci : Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 30 May 2024 03:01
Last Modified: 30 May 2024 03:27
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item
View Item