Pengaruh Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Tanjung Jabung Barat

Elfina Septi, Sindi (2023) Pengaruh Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Tanjung Jabung Barat. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SINDI ELFINA SEPTI 207180074 - Rozzana Hasan.pdf] Text
SINDI ELFINA SEPTI 207180074 - Rozzana Hasan.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode jelajah
alam sekitar (JAS) terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa Kelas X
Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Tanjung Jabung Barat. Metode yang peneliti
gunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dan pendekatan
ini berbentuk Intact-Group Comparison. Sampel yang diambil dalam penelitian
ini adalah random sampel yang diambil dari kelompok kelas X sebagai kelas
control yaitu kelas X3 dan satu kelas yang diambil kelas X sebagai kelas
ekperimen yaitu kelas X4. Hasil soal yang sudah divalidasi digunakan untuk
memperoleh hasil post tes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari hasil
jawaban tersebut di peroleh jumlah hasil 3594, dengan rata-rata 102,69,
simpangan baku 13,50, nilai tertinggi 122 dan terendah 67. Hasil t hitung atau ttest
yang diperoleh dalam perhitungan untuk hasil belajar setelah diberikan metode
jelajah alam sekitar (JAS), t hitung = 17,67 lebih besar daripada ttabel ( baik pada
taraf signifikan 5% ataupun 1%), sedangkan Hipotesis Alternatif diterima. Bahwa
terdapat pengaruh penerapan metode jelajah alam sekitar (JAS) terhadap motivasi
dan hasil belajar Biologi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Tanjung
Jabung Barat. Untuk hasil belajar karena t0 atau ttest yang diperoleh dalam
perhitungan untuk minat belajar t0 = 7,31 lebih besar daripada ttabel ( baik pada
taraf signifikan 5% ataupun 1%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penerapan metode jelajah alam sekitar (JAS) terhadap hasil belajar
Biologi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Tanjung Jabung Barat .
.
Kata kunci : Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS), Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 30 May 2024 02:49
Last Modified: 30 May 2024 02:49
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item
View Item