The Effect of Collaborative Strategic Reading on Students‟ Reading Comprehension at Islamic Senior High School Al-Khairiyah Tanjung Jabung Barat

Adila, Rima (2023) The Effect of Collaborative Strategic Reading on Students‟ Reading Comprehension at Islamic Senior High School Al-Khairiyah Tanjung Jabung Barat. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI RIMA ADILA FINAL - Rima Adila.pdf] Text
SKRIPSI RIMA ADILA FINAL - Rima Adila.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahuipengaruh Collaborative Strategic
Reading (CSR) terhadap pemahaman membaca siswa dikelas X MA Al-Khairiyah
Tanjung Jabung Barat dan untuk mengetahui perbedaan yang sigifikan antara
siswa yang diajarkan dengan CSR dan yang tidak. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan total sampling. Populasi dan
sample penelitian ini adalah siswa kelas X IPK dan X IPS MA Al-Khairiyah
Tanjung Jabung Barat. Jumlah populasi sebanyak 44 siswa. Dalam pengambikan
sample 22 siswa dikelas eksperimen dan 22 siswa dikelas kontrol. Desain quasi
eksperimen telah diterapkan dalam penelitian ini dengan desian 2 grup pre-test
dan 2 grup post-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap
pemahaman membaca siswa setelah diajar dengan menggunakan CSR. Hasil ini
terlihat dari T-test yang menunjukkan nilai rata-rata pre test dikelas eksperimen
adalah 54.73 dan rata-rata pre tess dikelas kontrol adalah 51.82 sedangkan nilai
rata-rata post test dikelas kontrol adalah 63.82 dan rata-rata post test dikeas
eksperimen adalah 74.18 lebih tinggi dari rata-rata pre-test adalah 54.73. pada
hasil paired sample T-test sig (2-tailed) 0,000 lebih rendah dari 0,05 hal ini
membuktikan diterima. Sedangkan hasil independen sample test sig (2-tailed)
adalah 0,002 < 0,05 itu berarti bahwa adanya perbedaan yang signifikan. Peneliti
menyimpulkan menggunakan Collaborative Strategic Reading (CSR) dapat
meningkatkan pemahaman membaca siswa dan ada perbedaan yang signifikan
antara siswa yang diajar dengan CSR dan siswa yang tidak diajar dengan CSR.
Keyword : Collaborative Strategic Reading, MA Al-Khairiyah, Narrative Text,
Reading Comprehension

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 30 May 2024 02:36
Last Modified: 30 May 2024 02:36
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item
View Item