Nurhafizah, Nurhafizah (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al- Qur‟an Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten Sarolangun. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam meningkatkan
kemampuan baca tulis Al-Qur‟an di madrasah ibtidaiyah nurul huda kabupaten
sarolangun bertujuan untuk mengetahui pentingnya pelaksanaan kegiatan rutinitas
baca tulis Al-Qur‟an, mengetahui bagaimana langkah-langkah guru dalam
meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an, dan untuk mengetahui kendala
bagi siswa di madrasah ibtidaiyah nurul huda kabupaten sarolangun dalam
melaksanakan rutinitas baca tulis Al-Qur‟an. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan 2 guru
dan 3 perwakilan dari siswa madrasah Nurul Huda, kemudian dari hasil
pengamatan penelitian selama proses pengumpulan data yaitu wawancara,
observasi, dokumentasi dan memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai
dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MI Nurul Huda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa madrasah
nurul huda dalam membaca dan menulis Al-Qur‟an sudah baik dan jumlah siswa
yang belum bisa membaca dan menulis Al-Qur‟an yaitu 5 orang dari 20 orang
siswa kelas 4. Sedangkan metode yang diupayakan untuk meningkatkan
kemampuan baca tulis Al-Qur‟an kelas 4 MI Nurul Huda yaitu metode latihan,
demontrasi, dan memberi contoh. Faktor pendukung dalam meningkatkan
kemampuan membaca dan menulis Al-Qur‟an yaitu guru selalu memberikan
penghargaan dan motivasi-motivasi agar mereka dapat lebih semangat dalam
membaca dan menulis Al-Qur‟an.
kata Kunci: Kemampuan, Membaca, Menulis, dan Al-Qur‟an.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 30 May 2024 02:32 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:38 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/383 |