Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al- Qur‟an Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten Sarolangun.

Nurhafizah, Nurhafizah (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al- Qur‟an Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten Sarolangun. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 204190066 UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KABUPATEN SAROLANGUN - Nur Hafizah.pdf] Text
204190066 UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KABUPATEN SAROLANGUN - Nur Hafizah.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam meningkatkan
kemampuan baca tulis Al-Qur‟an di madrasah ibtidaiyah nurul huda kabupaten
sarolangun bertujuan untuk mengetahui pentingnya pelaksanaan kegiatan rutinitas
baca tulis Al-Qur‟an, mengetahui bagaimana langkah-langkah guru dalam
meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an, dan untuk mengetahui kendala
bagi siswa di madrasah ibtidaiyah nurul huda kabupaten sarolangun dalam
melaksanakan rutinitas baca tulis Al-Qur‟an. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan 2 guru
dan 3 perwakilan dari siswa madrasah Nurul Huda, kemudian dari hasil
pengamatan penelitian selama proses pengumpulan data yaitu wawancara,
observasi, dokumentasi dan memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai
dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MI Nurul Huda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa madrasah
nurul huda dalam membaca dan menulis Al-Qur‟an sudah baik dan jumlah siswa
yang belum bisa membaca dan menulis Al-Qur‟an yaitu 5 orang dari 20 orang
siswa kelas 4. Sedangkan metode yang diupayakan untuk meningkatkan
kemampuan baca tulis Al-Qur‟an kelas 4 MI Nurul Huda yaitu metode latihan,
demontrasi, dan memberi contoh. Faktor pendukung dalam meningkatkan
kemampuan membaca dan menulis Al-Qur‟an yaitu guru selalu memberikan
penghargaan dan motivasi-motivasi agar mereka dapat lebih semangat dalam
membaca dan menulis Al-Qur‟an.
kata Kunci: Kemampuan, Membaca, Menulis, dan Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 30 May 2024 02:32
Last Modified: 30 May 2024 02:32
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item
View Item