Penerapan Media Kartu Domad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Min 4 Muarojambi

Imelia, Melda (2023) Penerapan Media Kartu Domad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Min 4 Muarojambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Melda Imelia 204190174 Penerapan Media Kartu Domad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III MIN 4 Muaro Jambi - Melda Imelia.pdf] Text
Melda Imelia 204190174 Penerapan Media Kartu Domad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III MIN 4 Muaro Jambi - Melda Imelia.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Media Kartu Domad Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III MIN
4 Muaro Jambi Dalam penelitian ditemukan bahwa pada saat proses pembelajaran
siswa kelas III C di MIN 4 Muaro Jambi. Setelah ditelusuri, hal ini disebabkan guru
mengajar satu arah atau hanya menggunakan metode ceramah dan cenderung
monoton sehingga siswa menjadi pasif dan cepat bosan. Akibatnya hasil belajar
siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Siswa Kelas III MIN 4 Muaro Jambi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Actioan
Research). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III C MIN 4 Muaro
Jambi. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan MC Taggart, sedangkan
pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi,
dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Media Kartu Domino
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat
diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II. Dilihat nilai aktivitas belajar siswa pada
siklus I sebesar 77,77% dan siklus II 87,77%, sedangkan peningkatan hasil belajar
siswa siklus I sebesar 70,76% dengan kategori tuntas dengan validitas 0,2001 dan
hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 90,38% dengan kategori tuntas dengan
nilai validitas 0,3915. Hasil penelitian di MIN 4 Muaro Jambi telah tercapai dengan
baik dan terbukti bahwa media kartu domino dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.
Kata Kunci: Media kartu domino, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 03:24
Last Modified: 30 May 2024 03:24
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item
View Item