Implementasi Strategi Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Fiqih (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Nurussa’adah Kabupaten Tebo)

Rahmawati, Rahmawati (2023) Implementasi Strategi Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Fiqih (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Nurussa’adah Kabupaten Tebo). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI RAHMAWATI_201190029-1 - BAHARI KOMPUTER.pdf] Text
SKRIPSI RAHMAWATI_201190029-1 - BAHARI KOMPUTER.pdf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Strategi CTL dalam
Pembelajaran Fiqih (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Nurussa'adah
Kabupaten Tebo). Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana
implementasi strategi CTL dalam pembelajaran fiqih dan apa kendala yang
dihadapi dan upaya yang dilakukan pada strategi CTL dalam pembelajaran fiqih.
Tujuan penelitian untuk mengimplementasi strategi CTL pada pembelajaran fiqih
dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi serta usaha yang dilakukan pada
strategi CTL dalam pembelajaran fiqih. Analisis data yang digunakan adalah
Deskriptif Kualitatif dengan memberikan pemaparan gambaran mengenai situasi
yang diteliti dalam bentuk uraian. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah,
guru fiqih, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi strategi CTL pada
pembelajaran fiqih yang dilakukan guru sudah berjalan dengan baik. Guru fiqih
menyampaikan materi pelajaran sudah menggunakan strategi tersebut. Dalam
menyampaikan materi, guru fiqih selalu mengaitkan antara materi dengan
kehidupan nyata siswa, selain itu siswa dituntut untuk mengembangkan
pemikirannya serta membantu mendorong siswa untuk mengaplikasikannya
dalam kehidupan sehari-hari. Adapun kendala yang dihadapi yaitu siswa masih
kurang aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran fiqih, siswa masih
kesulitan dalam mengaplikasikan materi yang disampaikan, dan masih kurangnya
pengaturan waktu terhadap kegiatan pembelajaran. Upaya untuk mengatasi
kendala tersebut yaitu membimbing siswa untuk aktif dan terbiasa mengaitkan
materi pembelajaran agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata siswa
sehari-hari.
Kata Kunci: Strategi Contextual Teaching And Learning, Pembelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 01:51
Last Modified: 30 May 2024 01:51
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item
View Item