Syukran, Danil (2023) Identifikasi Kesulitan Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 37 Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan kesulitan belajar IPA
siswa SMP Negeri 37 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa yang terdiri dari 16 orang dan guru
pengampu mata pelajaran IPA di SMP N 37 Merangin. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan yaitu menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan studi
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat temuan khusus yaitu
adanya 2 faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Negeri 37 Merangin.
Faktor tersebut terdiri dari faktor internal yang berkaitan dengan hasil angket dan
wawancara yang menyatakan bahwa siswa ragu-ragu dalam menyukai pelajaran
IPA dari pada pelajaran lainnya, siswa juga ragu-ragu bahwa dirinya puas dengan
hasil belajarnya, selain itu siswa kurang menguasai materi pelajaran IPA, Siswa
juga sulit menyimpulkan materi pembelajaran, siswa sulit mengingat materi
pembelajaran, kurangnya semangat dan motivasi dari peserta didik. Adapun faktor
eksternal yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa adalah karena lingkungan
yang kurang mendukung seperti hasil yang penulis peroleh dari wawancara guru
yang menyatakan bahwa faktor lain yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa
adalah kurangnya media pembelajaran IPA di Sekolah tersebut yang menyebabkan
siswa sulit melihat contoh konkrit dari materi yang dijelaskan.
Kata Kunci: Kesulitan belajar, IPA.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 30 May 2024 01:51 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:58 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/376 |