Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah As-salam Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Kholilurrochman, Kholilurrochman (2023) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah As-salam Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi membahas tentang Peran Guru Akidah Akhlak dalam
Menanggulangi Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah As-salam Kabupaten Tebo,
Provinsi Jambi. Dengan permasalahan (a) Bagaimana Peran Guru Aqidah Akhlak
dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah As-salam. (b) Apakah
faktor pendukung dan penghambat guru Akidah akhlak dalam menanggulangi
kenakalan di Madrasah Aliyah As-salam (c) Bagaimana Upaya Guru Akidah
Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan siswa di Madrasah Aliyah As-salam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu data yang diperoleh dalam
bentuk pendapat, pandangan atau ungkapan pemikiran lain yang diperoleh melalui
hasil wawancara atau interview. Sedangkan metode yang digunakan adalah
observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian saya
mengenai peran guru akidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di
madrasah aliyah as-salam sudah terlaksana walaupun belum pada taraf optimal. (1)
Peran guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di Madrasah
Aliyah As-salam, yaitu memberikan kebijakan terkait, mengajar dengan penuh
tanggung jawab, serta menanamkan karakter yang baik, memberikan petunjuk
dengan jelas (menegur dan tetap menguatkan) serta tindak lanjut guru aqidah
akhlak. (2) faktor pendukung dan penghambat guru Akidah akhlak dalam
menanggulangi kenakalan di Madrasah Aliyah As-salam, yaitu Faktor Penghambat
terdapat beberapa faktor,diantaranya: kendala internal muncul dari pribadi diri anak
itu sendiri maupun dari keluarga anak itu sendiri. Setiap anak memiliki kepribadian
yang khusus. Keadaan khusus pada anak, bisa menjadi sumber munculnya berbagai
perilaku menyimpang. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu Pihak sekolah juga
melakukan segala cara agar kenakalan siswa dapat segera berkurang. Guru juga bisa
memberikan hukuman agar siswa menerima efek jera dan tidak mengulangi
kenakalanya lagi. (3) Upaya guru akidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan
siswa di Madrasah Aliyah As-salam yaitu, menurut hasil wawancara menunjukan
bahwa tindakan preventif ini dilakukan melalui kegiatan keagamaan seperti
kegiatan shalat dzuhur berjamaah di sekolah. Pada tindakan represif di lakukan
dengan memberi hukuman tertentu pada siswa yang melakukan kenakalan.
Sedangkan pada tindakan kuratif dapat dilakukan melalui tindak lanjut guru dan
komunikasi antara sekolah dengan orang tua siswa.

Kata kunci : Guru Akidah Akhlak, Kenakalan Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 30 May 2024 01:46
Last Modified: 17 Oct 2024 06:01
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item
View Item