Peran Guru Akidah Akhlaq Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Shalat Dhuha Di Madrasah Tsanawiyyah Jauharul Iman Muaro Jambi.

Zulfa Bilhaq, Muhammad (2023) Peran Guru Akidah Akhlaq Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Shalat Dhuha Di Madrasah Tsanawiyyah Jauharul Iman Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI_M_ZULFA_BILHAQ_PAI_201201877 - Muhammad Zulfa.pdf] Text
SKRIPSI_M_ZULFA_BILHAQ_PAI_201201877 - Muhammad Zulfa.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi Ini di latar belakangi oleh masalah yang ada dalam pelaksanaan
Sholat Dhuha di MTs Swasta jauharul Iman, seperti sarana prasarana, dan kurang
kesadaran siswa dalam pelaksanaan Sholat Dhuha maupun ketertiban di sekolah,
maka dari itu dibutuhkannya Peran Guru Akidah Akhlaq sekaligus Waka siswa
Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Shalat Dhuha. Tujuan
penulisan ini adalah : mengetahui pelaksanaan sholat dhuha di MTs Swasta
Jauharul Iman, mengetahui hubungan sholat dhuha dalam meningkatkan
kedisiplinan siswa, mengetahui kendala dan solusi yang dihadapi guru Akidah
Akhlaq dalam membimbing sholat dhuha anak didiknya, mengetahui peran guru
Akidah Akhlaq membimbing siswa melaksanakan sholat dhuha. Metode
Penelitian menggunakan kualitatif, tekhnik pengumpulan data observasi,
wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan triangulasi, hasil
dari penelitian ini : pelaksanaan sholat dhuha di MTs Swasta Jauharul Iman
merupakan kegiatan rutinan, melihat hubungan sholat dhuha dengan kedisiplinan
siswa yang bisa meningkatkan kedisiplinan secara umum, penghambat dalam
peningkatan kedisiplinan sholat dhuha siswa kelas VII yaitu sarana prasarana dan
kurangnya kesadaran siswa. Peran guru Akidah Akhlaq dalam meningkatkan
kedisiplinan peserta didik melalui motivator, inisiator, fasilitator, dan mediator.
Kesimpulannya adalah peran guru akidah akhlaq dalam mendisiplinkan siswa
melalui sholat dhuha bisa dikatakan berjalan dengan lancar sesuai program
sekolah walaupun masih ada kekurangan yang perlu dibenahi.
Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlaq, Kedisiplinan, Peserta Didik, Sholat
Dhuha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 01:42
Last Modified: 30 May 2024 01:42
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item
View Item