Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Menghafal Al- Qur‟an Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi

Marisa, Marisa (2023) Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Menghafal Al- Qur‟an Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang oleh pentingnya pengaruh motivasi yang
diberikan orang tua kepada anaknya. Keluarga atau orang tua harus lebih
memperhatikan kondisi anak dalam menghafal Al-Qur‟an dengan memberikan
motivasi berupa pendekatan yang nyaman seperti pertanyaan yang menanyakan
hafalan anak sudah sampai berapa kepada anak sehingga anak lebih semangat
karena sangat berpengaruh dalam proses menghafal dan memberikan nasehat
yang dapat diterima oleh anak sehingga dalam hal ini anak lebih bersemangat
dan hubungan antara orang tua dan anak menjadikan jalinan kasih sayang yang
semakin erat sehingga anak dapat leluasa mengungkapkan apa yang dirasakan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Untuk analisis
data menggunakan analisis interaktif, dengan tahapan reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa
peran orang tua dalam memotivasi anak menghafal Al-Qur‟an di Pondok
Pesantren Bustanul Ulum di Desa Simbur Naik antara lain sebagai berikut:
memberi nasehat kepada anak, memberi sangsi dan reward (hadiah), Dan
memberi dukungan.
Kata Kunci : Peran, Orang Tua, Anak, Menghafal Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 01:38
Last Modified: 17 Oct 2024 06:28
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item
View Item