Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi

Fatmawati Sirun, Sindi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa
menggunakan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas VII B Sekolah Menengah
Pertama Negeri 19 Kota Jambi yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data
ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis
data ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ditunjukkan pada setiap siklus, dimulai saat pra siklus (observasi awal)
nilai rata-rata siswa yang tuntas hanya 44,44%, sementara target pencapaian Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa
meningkat menjadi 62,96% dan pada siklus II rata-rata ketuntasan kembali
meningkat menjadi 81,48%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran
Discovery Learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B Sekolah
Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 01:34
Last Modified: 17 Oct 2024 05:33
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item
View Item