Ardiansah, Roji (2023) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di
Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi dengan
mengunakan Strategi Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas XI Ips di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi, sedangkan objek
penelitian adalah penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
mengunakan Strategi Berbasis Masalah. Instrumen Pengumpulan Data yang
digunakan dalam penelitian ini yakni berupa Observasi dan tes. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa penerapan Strategi Berbasis Masalah dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Penidikan Agama Islam dengan
persentase ketuntasan sebanyak 85% pada siklus I dan 92% pada siklus II.
Penelitian ini dapat dikatakan sudah berhasil karena sudah memenuhi indikator
keberhasilan tindakan yang diterapkan, yakni penelitian dikatakan berhasil apabila
banyak siswa yang tuntas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
nilai ketuntasan di Atas 75.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendidikan Agama Islam,
Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Muaro Jambi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | editor |
Date Deposited: | 30 May 2024 01:04 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:24 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/354 |